Membangun Harga diri Anak

www.tips-fb.com bagikan ke whatsapp Selasa, 05 April 2011.
Membangun harga diri anak merupakan salah satu tugas yang paling sulit yang dihadapi orangtua. Pertama kita harus bertanya kepada diri sendiri, bagaimana harga diri kita sendiri? Anda lihat, mereka yang memiliki masalah harga diri akan mengalami kesulitan dalam membangun harga diri pada anak-anak mereka. Menjadi percaya diri dalam diri kita sendiri adalah langkah pertama dalam membangun harga diri anak.

Ini tidak berarti bahwa jika Anda memiliki harga diri rendah anak-anak Anda ditakdirkan menderita masalah yang sama. Tidak sama sekali, itu hanya berarti bahwa membangun harga diri anak akan lebih dari tantangan bagi Anda. Hal yang baik adalah, Anda sudah tahu setidaknya beberapa hal yang dapat merusak kepercayaanmereka dalam diri mereka. Oleh karena itu, Anda juga harus tahu beberapa jebakan yang harus dihindari.

Hidup adalah sebuah siklus di mana kita belajar pelajaran yang baik dan buruk dari orang tua dan rekan-rekan. Apapun kesimpulan yang kita ambil dari pengalaman hidup,akan disampaikan kepada generasi berikutnya, dan mereka kemudian menyebarkannya generasi selanjutnya, Walaupun mungkin kita serng menyalahkan lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah atau masyarakat untuk masalah yang dialami anak-anak kita, kita harus ingat bahwa sebagian besar dari pelajaran yang anak-anak pelajari apakah baik atau buruk adalah dipelajari di rumah. Ingat pepatah lama, 'anak-anak belajar dari lingkungsn hidup mereka '.

Jika kita kurang harga diri atau memiliki masalah berat badan maka tidak mengherankan jika anak-anak kita menghadapi masalah yang sama. Jika Anda memakan setia yang anada tonton di tlevisi dan karenanya hal itu membuat masalah bagi Anda adanya kekhawatiran anda mendapatkan kelebihan lemak atau jika nilai diri Anda didasarkan pada bagaimana lemak Anda maka jangan heran jika anak-anak Anda berpikir dengan cara yang sama.

Jika anak-anak berpikir bahwa mereka hanya dapat dicintai jika tubuh mereka yang langsing maka mungkin Anda perlu melihat sikap Anda. Apakah Anda komentar tentangbagaimana unnattractive lemak? Memang benar bahwa media menggambarkan gambar dibatasi sempit banyak bahwa anak-anak bercita-cita (sering tidak tepat), itu tidak membantu jika semua majalah itu adalah memperkuat pesan yang mereka terima di rumah.

Orang tua harus mengambil tanggung jawab untuk membesarkan anak-anak mereka. Jika Anda mengizinkan anak-anak Anda untuk memerintah rumah maka jangan heranketika mereka tidak menghormati otoritas Anda. Jika Anda telah mengizinkan anak-anak Anda untuk mengendalikan Anda daripada sebaliknya maka mereka tidak akan mengizinkan Anda untuk mengendalikan mereka tanpa perlawanan.

Setiap anak adalah unik dan mereka perlu memahami siapa mereka dan mengapa mereka dilahirkan. Mereka perlu diajarkan bahwa nilai diri tidak tergantung pada ukuran, berat, atau seberapa baik mereka melakukan akademis. Mereka perlu memahami bahwa mereka dikasihi dan diterima terlepas dari penampilan mereka. Anak-anak harus memahami bahwa bahkan jika mereka menderita masalah berat badan kesehatan yang terkait mereka masih indah, orang-orang berharga. Mereka harus merasa diterima dan memahami bahwa kehilangan berat badan adalah penting bagikesehatan mereka tetapi tidak ada hubungannya dengan nilai diri mereka.

Anak-anak membenci kata-kata kelebihan berat badan dan obesitas karena mereka tidak mengerti apa artinya kata-kata tetapi menerima kesan dari masyarakat, teman sebaya dan kadang-kadang orang tua bahwa itu adalah jelek dan berarti mereka gagal. Nama panggilan hanya akan menyebabkan anak Anda kehilangan harga diri. Ajarkan mereka pelajaran positif sehingga mereka dapat menurunkan berat badan tanpa kehilangan harga diri. Mendorong mereka dalam apa yang mereka lakukan,mereka mungkin baik di suatu daerah kemudian memuji mereka. Tapi jangan pahala mereka dengan makanan. Anak-anak menangis keluar untuk dicintai dan banyak makan untuk mengisi kekosongan waktu kosong, mereka ingin dicintai dan diterima dan memiliki citra yang baik tentang diri mereka sendiri.

Membangun harga diri anak tidak harus sulit. Cobalah untuk tidak membuat komentar negatif tentang mereka. Itu bisa lebih mudah dikatakan daripada dilakukan ketika mereka mencoba kesabaran Anda dan Anda menjadi frustrasi dan marah. Jika anak menerima pesan positif di rumah itu bisa pergi jauh ke arah membantu mereka berhubungan dengan pesan-pesan negatif yang mereka terima di tempat lain.

Hal ini penting untuk mengevaluasi harga diri Anda untuk melihat apa pelajaran yang telah Anda ajarkan kepada anak-anak Anda, apakah mereka positif atau negatif? Ingat baik pelajaran positif atau negatif yang dipelajari dan jika mereka memiliki harga diri rendah mungkin ini disebabkan karena Anda memiliki harga diri rendah.

terjemahan dari Building Child Self Esteem

sumber : http://yes4healthy.blogspot.com


KOMENTAR:

Posting Komentar

Sampaikan ke sobat lain bila bermanfaat, sampaikan ke saya bila tidak berkenan.Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar.
NB. Bila ingin menempatkan smiley/emotion pada komentar silahkan ketik kode smiley.contoh (komentar anda :10 atau :14

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...



Ingin mendapatkan warna, silahkan copas kode warna yang ada di atas kotak berwarna.Jangan lupa tambahkan # atau transparent didepan kode warna


counter globe
widgeo.net

free counters
free counters

Ingin Tambahan Rupiah...? silahkan klik banner dibawah nii...

 
KI YUSWA PINULUR © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...