Sunan Kalijaga dan Wayang

www.tips-fb.com bagikan ke whatsapp Jumat, 20 Mei 2011.
Menu televisi di pagi hari skr mulai bertambah menarik saja. Setelah trans7 dengan sport7 nya, AnTV dengan lensor nya, metroTV dengan bedah editorialnya, sekarang ditambah dengan sajian daru di tvOne. wow menarik, lumayan jadi penyemangat bangun pagi :D.( hehee ). pagi ini salah satu mengulas tentang wayang kulit. wihh jadi mengingatkan aku akan salah satu sosok juru dakwah islam idolaku, sang sunan kalijogo.

berikut sedikit ngulas sunan kalijaga dengan wayang kulitnya :

Raden Syahid atau Sunan Kalijaga tercatat sunan paling banyak menghasilkan karya seni berfalsafah Islam seperti tembang-tembang macapat (wali lain juga turut mencipta), baju takwa, tata kota Islami, ukir, dan batik serta gong Sekaten (Syahadat ain) di Solo dan Yogya. Ia memadukan dakwah dengan seni budaya yang mengakar di masyarakat yang sangat populer pada masa itu. Babad dan serat mencatat Sunan Kalijaga sebagai penggubah beberapa tembang, di antaranya Dandanggula Semarangan –paduan melodi Arab dan Jawa.

Tembang diantaranya adalah Ilir-Ilir, meski ada yang menyebutnya karya Sunan Bonang. Lariknya punya tafsir yang sarat dengan dakwah. Misalnya tak ijo royo-royo dak sengguh penganten anyar. Ungkapan ijo royo-royo bermakna hijau, lambang Islam. Sedangkan Islam, sebagai agama baru, diamsalkan penganten anyar, alias pengantin baru.

Ia membuat wayang kulit dan cerita wayang Hindu yang diislamkan. Sunan Giri sempat menentangnya. Karena, wayang beber kala itu menggambarkan gambar manusia utuh yang tak sesuai ajaran Islam. Sunan Kalijaga mengkreasi wayang kulit yang bentuknya jauh dari bentuk manusia utuh. Ini adalah sebuah usaha ijtihad di bidang fiqh yang dilakukan Sunan Kalijaga dalam upaya dakwahnya.

tembung "wayang" iku ana sambung-rapete karo "ayang-ayang", "ayang-ayangan", "wewayangan" utawa "bayang-bayang". Ing basa Inggris, wayang disebut shadow play, tembung sing trep banget kanggo nerjemahake wayang kulit. Wayang iku pancen sandiwara utawa "permainan" bayang-bayang. Sing diarani ayang-ayang bisa wayange, bisa uga ayang-ayangane ing kelir, amarga wayang mau kesorot sunaring blencong.

Ayang-ayangan iku ana, marga anane barang kang kesorot srengenge kayadene wayang kang kesorot blencong. Ayang-ayang iku wujude "dua dimensi", mangkono uga wayang, dimensine uga loro. Ayang-ayang utawa blegering manungsa kang sinawang saka ngiringan iku dimensine loro. Rehne kasawang saka ngiringan, wayang iku sing akeh-akeh mripate mung katon siji. Mula ing basa Indonesia "semata wayang" kuwi tegese mung siji, upamane "anak semata wayang". Kayadene gambar mobil sing kasawang saka ngiringan, mobil iku rodhane mung katon loro. (http://suaramerdeka.com ).

KOMENTAR:

Posting Komentar

Sampaikan ke sobat lain bila bermanfaat, sampaikan ke saya bila tidak berkenan.Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar.
NB. Bila ingin menempatkan smiley/emotion pada komentar silahkan ketik kode smiley.contoh (komentar anda :10 atau :14

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...



Ingin mendapatkan warna, silahkan copas kode warna yang ada di atas kotak berwarna.Jangan lupa tambahkan # atau transparent didepan kode warna


counter globe
widgeo.net

free counters
free counters

Ingin Tambahan Rupiah...? silahkan klik banner dibawah nii...

 
KI YUSWA PINULUR © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...